Etika merupakan kesediaan jiwa akan kesusilaan atau kumpulan dari
peraturan kesusilaan. Etika merupakan norma dan aturan yang turut
mengatur perilaku seseorang dalam bertindak dan memainkan perannya
sesuai dengan aturan main yang ada dalam masyarakat agar dapat dikatakan
tindakan bermoral. Sesuai dengan moralitas dan perilaku masyarakat
setempat.
Etika sendiri dibagi lagi ke dalam etika umum dan etika
khusus. Etika umum mempertanyakan prinsip-prinsip dasar yang berlaku
bagi segenap tindakan manusia, sedangkan etika khusus membahas
prinsip-prinsip itu dalam hubungan dengan kewajiban manusia dalam
pelbagai lingkup kehidupannya. Dibedakan antara etika individual yang
mempertanyakan kewajiban manusia sebagai individu, terutama terhadap
dirinya sendiri dan, melalui suara hati, terhadap Illahi, dan etika
sosial. Etika sosial jauh lebih luas dari etika individual karena hampir
semua kewajiban manusia bergandengan dengan kenyataan bahwa ia
merupakan makhluk sosial. Dengan bertolak dari martabat manusia sebagai
pribadi yang sosial, etika sosial membahas norma-norma moral yang
seharusnya menentukan sikap dan tindakan antarmanusia. Etika sosial
memuat banyak etika yang khusus mengenai wilayah-wilayah kehidupan
manusia tertentu. Di sini termasuk misalnya kewajiban-kewajiban di
sekitar permulaan kehidupan, masalah pengguguran isi kandungan dan etika
seksual, tetapi juga norma-norma moral yang berlaku dalam hubungan
dengan satuan-satuan kemasyarakatan yang berlembaga seperti etika
keluarga, etika pelbagai profesi, dan etika pendidikan. Dan di sini
termasuk juga etika politik atau filsafat moral mengenai dimensi politis
kehidupan manusia.
Dimensi politis manusia adalah dimensi masyarakat sebagai
keseluruhan. Ciri khasnya adalah bahwa pendekatan itu terjadi dalam
kerangka acuan yang berorientasi pada masyarakat sebagai keseluruhan.
Dimensi di mana manusia menyadari diri sebagai anggota masyarakat
sebagai keseluruhan yang menentukan kerangka kehidupannya dan ditentukan
kembali oleh tindak-tanduknya.
Ada dua cara untuk menata masyarakat yaitu penataan masyarakat yang
normatif dan yang efektif. Lembaga penata normatif masyarakat adalah
hukum. Hukumlah yang memberitahukan kepada semua anggota masyarakat
bagaimana mereka bertindak. Hukum terdiri dari norma-norma bagi kelakuan
yang betul dan salah dalam masyarakat. Hukum hanya bersifat normatif
dan tidak efektif. Artinya, hukum sendiri tidak dapat menjamin agar
orang memang taat kepada normanya.
Yang dapat secara efektif menentukan kelakuan masyarakat hanyalah
lembaga yang mempunyai kekuasaan untuk memaksakan kehendaknya. Lembaga
itu adalah negara. Penataan efektif masayarakat adalah penataan yang de facto, dalam kenyataan, menentukan kelakuan masyarakat.
Dengan demikian hukum dan kekuasaan adalah bahasan dari etika
politik. Dalam hal ini lebih difokuskan pada etika birokrasi sebagai
bagian dari etika politik.
Etika birokrasi berkaitan erat dengan moralitas dan mentalitas aparat
birokrasi dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri
yang tercermin dalam fungsi pokok pemerintahan: fungsi pelayanan,
pengaturan/regulasi dan fungsi pemberdayaan masyarakat.
Etika penting dalam birokrasi. Pertama, masalah yang ada
dalam birokrasi semakin lama semakin komplek. Kedua, keberhasilan
pembangunan yang telah meningkatkan dinamika dan kecepatan perubahan
dalam lingkungan birokrasi. Birokrasi melakukan adjusment (penyesuaian) yang menuntut discretionary power (kekuatan pertimbangan/kebijaksanaan) yang besar.
Pemerintah memiliki pola prilaku yang wajib dijadikan
sebagai pedoman atau kode etik berlaku bagi setiap aparaturnya. Etika
dalam birokrasi harus ditimbulkan dengan berlandaskan pada paham dasar
yang mencerminkan sistem yang hidup dalam masyarakat harus dipedomani
serta diwujudkan oleh setiap aparat dalam hidup bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara. Secara umum nilai-nilai suatu etika yang perlu dijadikan
pedoman dan perlu dipraktekkan secara operasional antara lain:
- Aparat wajib mengabdi kepada kepentingan umum
- Aparat adalah motor penggerak “head“ dan “heart“ bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Aparat harus berdiri di tengah-tengah, bersikap terbuka dan tidak memihak (mediator)
- Aparat harus jujur, bersih dan berwibawa
- Aparat harus bersifat diskresif, bisa membedakan mana yang rahasia dan tidak rahasia, mana yang penting dan tidak penting
- Aparat harus selalu bijaksana dan sebagai pengayom.
Berbagai sifat psikis, kepribadian (jatidiri), harga dirii, kejujuran
yang diisyaratkan oleh teori sifat pada hakikatnya merupakan kode etik
bagi siapapun yang akan bertugas sebagai aparat. Aparat seyogyianya
tidak bekerja terkotak-kotak, menganggap dialah yang penting atau
menentukan, seharusnya aparatur bekerja secara menyeluruh. Oleh sebab
itu tidak hanya mementingkan bidangnya sendiri-sendiri. Dalam kaitan itu
dipandang penting pula koordinasi, sinkronisasi, integrasi. Sehingga
dapat berbuat dan bertindak sesuai dengan tingkah laku dan perilaku
aparatur yang terpuji.
Etika terbentuk dari aturan pertimbangan yang tinggi.
Yaitu benar vs tidak benar dan pantas vs tidak pantas. Prilaku dan
tindakan aparat birokrasi dalam melaksanakan fungsi dan kerjanya, apakah
ia menyimpang dari aturan dan ketentuan atau tidak, untuk itu perlu
aturan yang tegas dan nyata, sebab berbicara tentang etika biasanya
tidak tertulis dan sanksinya berupa sanksi sosial yang situasional dan
kondisional tergantung tradisi dan kebiasaan masyarakat tersebut. Maka
dituntut adanya payung hukum.
Peraturan kepegawaian sebagai bagian dari penerapan etika birokrasi.
Peraturan ini tertuang dalam Kode Etik Pegawai Negeri. Akan tetapi kode
etik ini belum kentara hasil dan fungsinya. Namun, dengan kode etik ini
mengupayakan aparat birokrasi yang lebih jujur, bertanggung jawab,
disiplin, rajin, memiliki moral yang baik, tidak melakukan perbuatan
tercela seperti korupsi, kolusi dan nepotisme. Oleh karena itu, perlu
usaha dan latihan serta penegakan sanksi yang tegas dan jelas kepada
mereka yang melanggar kode etik atau aturan yang ditetapkan.
Ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh birokrasi, antara lain :
- Ikut serta dalam transaksi bisnis pribadi atau perusahaan swasta untuk keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan jabatan kedinasan,
- Menerima segala sesuatu hadiah dari pihak swasta pada saat ia melakukan transaksi untuk kepentingan dinas,
- Membicarakan masa depan peluang kerja diluar instansi pada saat ia berada dalam tugas-tugas sebagai pejabat pemerintah,
- Membocorkan informasi komersial/ekonomis yang bersifat rahasia kepada pihak-pihak yang tidak berhak,
- Terlalu erat berurusan dengan orang-orang diluar instansi pemerintah yang dalam menjalankan bisnis pokoknya tergantung izin pemerintah.
Selain itu, ada beberapa upaya untuk membenahi praktek-praktek birokrasi yang kurang menyenangkan, antara lain:
- Pembenahan suatu institusi yang telah berpraktek dalam jangka waktu lama tidaklah gampang. Waktu yang cukup lama mutlak diperlukan. Yang cukup penting dimiliki adalah perilaku adaptif dari birokrasi terhadap perkembangan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, sehingga mampu membaca tuntutan dan harapan yang dibebankan ke pundaknya. Suatu komuniti yang semakin kompleks dan rumit memerlukan bentuk-bentuk praktek birokrasi yang luwes dan praktis. Pemotongan jalur-jalur hirarkis, merupakan salah satu keinginan dari konsumen birokrasi.
- Selaras dengan pemikiran Weber yang menempatkan birokrasi dan birokrasi dapat bergandengan tangan. Menuntut birokrasi sebagai institusi yang terbuka dan mampu untuk dipahami sesuai fungsinya. Kebijaksanaan dan suasana demokratisasi sangat diperlukan, yakni memberi hak yang lebih luas bagi masyarakat untuk ikut serta dalam proses pemerintahan.
- Selaras dengan akumulasi keinginan pemotongan jalur-jalur hirarkis. Kebijaksanaan-kebijaksanaan menyangkut desentralisasi juga diperlukan.
- Faktor mental personal dari aparatur birokrasi dan perilaku dari birokrat itu sendiri. Dituntut adanya keberanian moral untuk menyingkirkan pandangan bahwa birokrasi adalah bureaucratic polity, serta menempatkan prinsip-prinsip de-etatisme dan de-kontrolisasi pada proposisinya.
Birokrasi hendaklah merupakan rangkaian kegiatan sehari-hari yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi didistribusikan
melalui cara-cara yang telah ditentukan dan dianggap sebagai tugas
resmi. Diorganisasikan dalam suatu kantor yang mengikuti prinsip
hirarkis. Pelaksanaan tugasnya diatur oleh suatu sistem peraturan
perundang-undangan yang abstrak dan mencakup juga penerapan
aturan-aturan di dalam kasus-kasus tertentu. Dilaksanakan oleh pejabat
yang ideal melaksanakan tugas-tugasnya dengan semangat formal dan
bersifat pribadi, tanpa perasaan dendam atau nafsu. Pekerjaan birokratis
didasarkan pada klasifikasi teknis dan dilindungi dari kemungkinan
pemecatan sepihak. Berdasarkan pengalaman universal bahwa tipe
organisasi administratif yang murni dilihat semata-mata dari sudut
teknis, mampu mencapai tingkat efisiensi yang tinggi.
Birokrasi sebagai bagian law enforcement perlu direformasi dengan dimensi keadilan. Hal yang diperlukan adalah: menuntaskan “national building“,
memaksimalkan fungsi lembaga-lembaga, membangun aturan hukum secara
komprehensif serta membangun moralitas aparat penegak hukum.
Sumber:
Etika Politik; Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. Frans Magnis Suseno, Gramedia, Jakarta, 1987
Etika Pemerintahan. Drs. A. W. Widjaja. Bumi Aksara, Jakarta, 1991
Birokrasi dalam Polemik. Moeljarto Tjokrowinoto, dkk, Saiful Arif (Edt). Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar